KEGIATAN BST KEPERAWATAN GAWAT DARURAT
SEMESTER VI PRODI S1 KEPERAWATAN
STIKES HANG TUAH SURABAYA
PEDOMAN
BED SIDE TEACHING
MAHASISWA TK III /SMTR VI PRODI
S1 KEPERAWATAN
STIKES HANG
TUAH SURABAYA TA. 2019-2020
A.
VISI, MISI, dan TUJUAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
1.
Visi
Mewujudkan
program studi pendidikan yang mencetak sarjana keperawatan berkarakter cerdas,
kompetitif, dan berwawasan kelautan.
2.
Misi
a.
Menyelenggarakan
pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sarjana keperawatan yang
berkualitas
b.
Menyelenggarakan
penelitian dan pengembangan bidang iptek keperawatan dan kesehatan kelautan
c.
Melaksanakan
pengabdian masyarakat di bidang keperawatan dan kesehatan kelautan khususnya di
wilayah pesisir
d.
Mewujudkan
tenaga pendidik yang kompeten dan tangguh
e.
Mewujudkan
penguatan tata kelola program studi sarjana keperawatan
3.
Tujuan
a.
Peningkatan
kualitas pendidikan dan pembelajaran dengan kurikulum pendidikan sarjana
keperawatan yang relevan terhadap kebutuhan masyarakat global
b.
Menghasilkan
luaran penelitian yang berguna bagi pengembangan keperawatan dan kesehatan
kelautan
c.
Mengimplementasikan
hasil penelitian dan ilmu keperawatan guna tercapainya penyelenggaraan
pengabdian masyarakat berupa peningkatan fungsi pelayanan kesehatan
masyarakat dengan peningkatan peran
serta masyarakat dalam menghadapi masalah kesehatan melalui upaya promotif dan
preventif
d.
Meningkatkan
kualitas tenaga pendidik dengan upaya peningkatan jenjang pendidikan dan
kompetensi professional serta penguatan peran seluruh civitas akademika dalam
proses pendidikan dan pembelajaran di
program studi sarjana keperawatan
e.
Meningkatkan
system tata kelola program studi sarjana keperawatan yang efektif, efisien, dan
akuntabel
B.
DESKRIPSI MATA
AJAR
Fokus BST mata kuliah ini meliputi berbagai
aspek yang terkait dengan proses tubuh. Kegiatan BST mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berpikir
sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan
pendekatan asuhan keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah dengan
memperhatikan aspek legal dan etis.
C.
TUJUAN BELAJAR
1.
TUJUAN UMUM
Setelah
melaksanakan pembelajaran praktik Bed
Site Teaching, mahasiswa diharapkan mampu memberikan asuhan keperawatan
pada klien yang meliputi aspek bio-psiko-sosio-spiritual dan cultural yang
berlandaskan etika keperawatan.
2.
TUJUAN KHUSUS
Tujuan
khusus dilaksanakannya pembelajaran program akademik bed side teaching ini diharapkan mahasiswa akan mampu:
a.
Menganalisis asuhan keperawatan secara komprehensif yang meliputi keperawatan gawat darurat dengan pendekatan asuhan keperawatan Individu, keluarga,
komunitas.
b.
Menganalisis pencatatan dan pelaporan (dokumentasi) yang sistematis,
akurat, lengkap, singkat, tepat sesuai dengan masalah dan penyelesaiannya pada
masing-masing kasus kelolaan
D. Kompetensi
Individu
a. Setiap mahasiswa wajib menyusun 1 (satu) laporan pendahuluan
b. Setiap mahasiswa setiap minggu wajib
menyusun 1 (satu) laporan asuhan
keperawatan pada pasien dengan
kasus kegawatdaruratan yang telah disiapkan
c. LP
dan LK kasus semu setiap kelompok dipresentasikan pre dan post conference via
gmeet/ Wa Video
d. Setiap mahasiswa menyusun SPO 1 keterampilan setiap mahasiswa
e. Pada akhir praktek, mahasiswa akan
dievaluasi oleh Pembimbing dengan uji tulis via daring
E. PELAKSANAAN BED SIDE TEACHING
1 |
Waktu |
: |
15 - 21 Juni 2020 |
2 |
Tempat |
: |
Daring melalui Zoom, G-Meet |
3 |
Waktu
Dinas |
: |
Senin : Pre Conference Kamis: Post conference dan Presentasi
SPO Sabtu : evaluasi daring |
F.
KETENTUAN UMUM
1.
Mahasiswa yang tidak hadir saat conference berlangsung
harus memberikan konfirmasi kepada pembimbing, jika tidak ada kabar dalam waktu
1x 24 jam maka dianggap tidak hadir
2.
Ketidakhadiran dengan alasan sakit harus disertai surat
keterangan sakit dari dokter dan diserahkan kepada pembimbing
3.
Mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan selama 6 hari
tanpa alasan apapun dinyatakan gugur pada bagian/departemen gadar
4.
Selama
daring dengan pembimbing, mahasiswa wajib berpakaian yang rapi
5.
Mahasiswa
tetap menjaga etika sopan santun dan memberikan nama yang jelas pada perangkat
yang digunakan
6.
Semua
laporan akan dikumpulkan pada PJMK maksimal pada hari minggu , 21 Juni 2020
pukul 23.59 dengan akses di link https://forms.gle/tybAH7oPkSYuTuPe7
KOMPETENSI STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL
1.
Penanganan resusitasi jantung paru
pada anak dan dewasa
2.
Pengkajian tingkat kesadaran pasien dengan
GCS
3.
Resusitasi cairan dan tatalaksana pasien syok
4.
Pemantauan
TTV dengan EWSS
5.
Pembalutan dan pembidaian
KOMPETENSI
KASUS KEGAWATDARURATAN
1.
Syok
2.
Cedera
Otak
3.
Fraktur
4.
CVA
Bleeding
5. IMA
PENILAIAN
EVALUASI
1.
Laporan
Pendahuluan
2.
Laporan
Kasus
3.
Standar
Prosedur Operasional
4.
Afektif
5.
Uji
Tulis
Semua laporan akan dikumpulkan pada PJMK maksimal pada hari minggu , 21 Juni 2020 pukul 23.59 dengan akses di link https://forms.gle/tybAH7oPkSYuTuPe7
STANDAR
PENILAIAN
A |
A- |
B+ |
B |
B- |
C+ |
C |
> 80 |
77 – 79 |
74-76 |
70-73 |
67-69 |
64-66 |
60-63 |
PANDUAN
PEMBUATAN LAPORAN
PENDAHULUAN
1.
Laporan pendahuluan dipresentasikan saat Pre Conference
2.
Laporan pendahuluan diketik dalam bentuk Mic Word dengan
tulisan arial 11, spasi 1,5 ukuran A4
3.
Adapun susunan laporan pendahuluan adalah
1 |
Konsep teori penyakit a.
Definisi b.
Etiologi c.
Patofisiologi |
2 |
Pengkajian a.
Primary Survey : A, B, C, D, E b.
Secondary survey 1) Data umum : insiden berdasar umur, jenis kelamin 2) Keluhan utama : OLD CART 3) Riwayat penyakit sekarang 4) Riwayat penyakit dahulu 5) Riwayat penyakit keluarga 6) Pemeriksaan fisik
head to toe |
3 |
Diagnosa dan intervensi keperawatan a. Prioritas
masalah b. Tujuan
c. Kriteria hasil d. Intervensi keperawatan e. Rasional
tindakan |
4 |
Daftar Pustaka |
PANDUAN
PEMBUATAN SPO
1. SPO
disajikan dalam bentuk Mic Word , Arial 11, spasi 1,5, A4
2. SPO
dipresentasikan pada hari kamis bersamaan dengan laporan kasus
3. Komponen
yang disajian di antaranya adalah :
1) Definisi 2)
Indikasi 3)
Tujuan 4) Lokasi
5) Mekanisme
kerja 6) Persiapan
alat 7) Langkah-langkah 8) Evaluasi 9) Edukasi
10) Komplikasi 11)
Kendala |
|
PANDUAN
PENILAIAN SIKAP / PERILAKU
1. Sikap
akan dinilai selama proses bimbingan berlangsung
2. Aspek
penilaian yang diukur adalah
a. KOMUNIKASI : Menciptakan
interaksi
dengan penuh percaya diri, Menggunakan komuniksai verbal yang efektif
b. PERILAKU PROFESIONAL : Menampilkan
sikap baik dan sopan, Melaksanakan kontrak, Mengambil inisiatif dalam situasi belajar, Menunjukan sikap selalu tepat
waktu, Bekerja sama dan berpasipasi dalam kegiatan bimbingan
PANDUAN
LAPORAN KASUS
1.
Laporan
kasus dibuat berdasarkan kasus nyata yang dibagi oleh pembimbing
2.
Laporan
kasus dipresentasikan pada hari kamis
3.
Laporan
kasus disajikan dalam bentuk mic word arial 11, spasi 1,5 ukuran A4
4.
Gunakan
referensi utama adalah SDKI, SLIKI dan SIKI
5.
Ikuti
panduan penyajian
CONTOH LAPORAN KASUS
PAPARAN LAPORAN KASUS
TB PARU
RESPATI HAIDAR AHMAD,
NIM 131000056
PERIODE : 4 – 16 MEI
2020
KASUS : ( Harus
ada kesesuaian antara kasus dengan analisa data, laporkan yang abnormal)
Seorang laki-laki
berusia 43 tahun, dirawat di ruang penyakit paru dengan keluhan sesak napas yang semakin memberat. Hasil pengkajian
didapatkan pasien batuk disertai produksi
sputum berwarna putih dan kental, penggunaan otot bantu pernapasan (+),
retraksi dinding dada (+), bagian apeks
kanan dan kiri paru fremitus menurun, ronkhi (+), RR 30x/menit.
Dua tahun SMRS, hasil
pemeriksaan BTA (+), pada tiga kali pemeriksaan. Pasien memiliki kebiasaan merokok 12 batang/hari. Berat badan
satu tahun yang lalu 70 Kg, turun menjadi 44
Kg dengan tinggi badan 165 cm. Pasien mengeluhkan mual dan nafsu makan
menurun. Diet yang diberikan makanan
biasa 2.500 KKal.
Hasil pemeriksaan
laboratorium: Hb 8,9gr/dl, Leukosit 5,63x10^3/µL, Eritrosit 2,83x106/µL, Trombosit 250.000/µL, Hematokrit 27 %, pH
7,30, PO2 90 mmHg, PCO2 39 mmHg, HCO3-
17,8 mEq/L, BE -6, Natrium 135 mEq/L, Kalium 4,20 mEq/L, Clorida
102,0 mEq/L, ureum 23 mg/dL, kreatinin
0,9 mg/dL, GDS 76 mg/dL. Hasil foto thoraks kesan infiltrat di kedua
lapang paru.
Pasien bekerja
sebagai buruh pabrik, memiliki satu orang istri dan 4 orang anak. Istri
pasien bekerja sebagai buruh cuci. 3
orang anak pasien masih duduk di bangku sekolah. Sejak mengalami sakit, pasien tidak mampu lagi
bekerja dengan maksimal. Pasien juga mengurangi
berkumpul dengan tetangga karena batuk-batuk.
Analisa Data :
Bersihan jalan napas
tidak efektif b.d sekresi mucus yang kental ( SDKI, NO DX 0001)
Data Subyektif |
Data Obyektif
|
Data yang tidak ada tapi seharusnya ada |
Pasien
mengeluh sesak napas |
Batuk disertai
produksi sputum berwarna putih dan
kental, penggunaan otot bantu pernapasan (+), retraksi dinding dada (+), bagian apeks kanan dan kiri paru
fremitus menurun, ronkhi (+), RR 30x/menit. |
Kesulitan
untuk berbicara, Ortopnea,Sianosis, Penurunan
suara napas, Gelisah |
Kebutuhan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh ( SDKI, NO
DX 0019)
Data Subyektif |
Data Obyektif
|
Data yang tidak ada tapi seharusnya ada |
Pasien mengeluhkan mual dan nafsu makan
menurun |
Berat badan satu tahun yang lalu 70 Kg,
turun menjadi 44 Kg dengan tinggi
badan 165 cm. |
Nilai Albumin Bising usus hiperaktif Otot pegunyah lemah Otot menelan lemah Membrane mukosa
pucat Sariawan Rambut rontok
berlebihan Diare |
INTERVENSI
KEPERAWATAN
Bersihan jalan napas tidak efektif b.d sekresi mucus yang
kental ( SDKI, NO DX (D.0001))
Kriteria Hasil : (
Menurut SLKI hal 154)
Luaran Utama |
1.
Bersihan jalan napas (18) |
1.
Dapat batuk efektif 2.
Produksi sputum menurun 3.
Mengi berkurang 4.
Wheezing berkurang 5.
Dispnea berkurang 6.
Frekuensi napas 12- 20x/menit |
Luaran tambahan (Minimal 2)
|
1.
Kontrol gejala (55) |
1.
Mampu monitor gejala 2.
Mampu melakukan tindakan pencegahan 3.
Dst…. |
2.
Respon ventilasi mekanik (104) |
1.
Saturasi oksigen > 95% 2.
Gerak dinding dada simetris 3.
Gelisah berkurang 4.
Dst………….. |
Intervensi : (
menurut SIKI, Hal 454)
Intervensi Utama |
Latihan batuk efektif
(142) |
7.
Identifikasi kemampuan batuk 8.
Monitor retensi sputum 9.
Atur posisi semifowler 10.
Anjurkan tarik napas dalam hidung selama 4 detik
ditahan selama 2 detik kemudian keluarkan dari mulut dengan bibir mencucu
selama 8 detik. |
2.
Manajemen jalan napas (187) |
Dst……………. |
|
3.
Pemantauan respirasi (247) |
Dst……………. |
|
Intervensi
Pendukung (Minimal 2)
|
3.
Fisioterapi dada (118) |
Dst……………. |
4.
Penghisapan jalan napas (299) |
Dst……………. |
DAFTAR NAMA KELOMPOK
& PEMBIMBING
PRODI S-1 KEPERAWATAN SEMESTER VI
STIKES HANG TUAH
SURABAYA
TA. 2019/2020
Pembimbing : Ceria
Nurhayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
1A |
Kelompok
1B |
1 |
Adinda
Noer Yulia |
Al
Khafi Jannatul Firdaus |
2 |
Aliffian
Sabrina Atika |
Arin
Dwi Wijayanti |
3 |
Fatimah
Dwi Cahyani |
Esa
Adipura |
4 |
Fitria
Wulandari |
Indah
Nuraini |
5 |
Riski
Firlana Aysha Putri |
Vene
Aulia Wulandari |
Pembimbing : Christina Y ,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
2A |
Kelompok
2B |
1 |
Alfiah |
Fernanda Wike |
2 |
Ali Gufron |
Amalia
Maharani Putri |
3 |
Erza
Ardifa Syafitri |
Erica
Mauliana Puteri |
4 |
Elfania Indriani |
Faradila
Faizah |
5 |
Salwa Mawaddati Muna |
Prisca
Febri Purnomo |
Pembimbing : Dedi Irawandi,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
3A |
Kelompok
3B |
1 |
Alifia Agus Kurnia Putri |
Adinda
Prayetno Wulandari |
2 |
Bening Juwita Anjaswari |
Andra
Eka Putri |
3 |
Ghitha Putri Immarta Dewi |
Bella
Laksono |
4 |
Indah Sukma Ningtyas |
Eka
Nur Sayyidah Umu H |
5 |
Tiara
Yunanda Ramsya |
Sherly
Hoiriyah |
Pembimbing : Dwi
Priyantini,S.Kep.,MSc
No |
Kelompok
4A |
Kelompok
4B |
1 |
Amanda Mela Sabrina |
Aisyah
Wulan R |
2 |
Arif Rahman Syaifullah |
Cahyani
Ageng Pinatih |
3 |
Aswinda |
Delfani
Ade Crisna A |
4 |
Arum Rizka Numfitri |
Maria
Siska Agustina |
5 |
Mustika Myra P.D.P |
Monica
Tasya S |
Pembimbing : I.
Farida,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
5A |
Kelompok
5B |
1 |
Evin
Dinda Lestari |
Aryani Ika
Mahardika |
2 |
Ilham
Fajar Dwi Aji P |
Fira
Veronika |
3 |
Jihan
Nada Imasyah |
Iftita
Churrosida |
4 |
Lidya
Novita Sari |
Intan Agustin |
5 |
Nadiyah
Fithriyani |
Nabiilah
Fitriani H |
Pembimbing : Merina
W,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
6A |
Kelompok
6B |
1 |
Dwike
Febrianikmah |
Ayu
Amaliyah |
2 |
Farah
Nisrina Putriastuty |
Faridah
Ragil Wijaya |
3 |
Fenny
Anggraeni Safitri |
Flaura
Enjely De Fretes |
4 |
Muhammad
Dyon J. S |
Mochammad
Chamal R.I |
5 |
Nurul
Isnaini Afifah |
Wiwit
Yudha Taruna |
Pembimbing : Ninik
A,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok 7A |
Kelompok 7B |
1 |
Bagas
Aji Sampurna |
Alfina
Damayanti |
2 |
Devi
Nariyanta Purbasari |
Alifa
Nur Ayni |
3 |
Carmitha
Nareswari B |
Feni
Novita Sari |
4 |
Mareta
Dwi Aliana |
Lailatul
Rohmah |
5 |
Riris Wulandari |
Ulfa
Trianingsih |
Pembimbing : Nisha
D,S.Kep.,Ns.,M.Si
No |
Kelompok 8A |
Kelompok 8B |
1 |
Novi
Karina Ismalasari |
Mey
Reta Purnawira Sari |
2 |
Ramanda
Putra Rizky Prayuka |
Nur
Khofifah |
3 |
Reza
Meidita Sari |
Salsa
Nur Fadhilah |
4 |
Nia
Rahmawati Arif |
Putri
Ayu Sulistyowati |
5 |
Nur
Alif Siad Suhendra |
Rizky Kurniasari |
Pembimbing : Nuh
Huda,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
9A |
Kelompok
9B |
1 |
Mellysa
Rahayu Anjany |
Moch.
Vikri |
2 |
Poppy
Denintasari |
Pande
Kadek Suwastini |
3 |
Puspa
Indah P |
Novita
Anggraini |
4 |
Wila
Ayu Wardani |
Putri
Rizky Apriliani |
5 |
Umie
Aida |
Tiyas
Asri Abdillah |
Pembimbing : Nur
Muji,S.Kep.,Ns.,M.Kep
No |
Kelompok
10A |
Kelompok
10B |
1 |
Moch
Arofik |
Nanda
Fitriana Parlin P |
2 |
Nur
Wulan A Lakato |
Nur
Yeni Sandata |
3 |
Fibria
Adisty Yunandari |
Roesita
Junaedi Putri |
4 |
Vincentius
Ivan N |
Riska
Wahyu Kusumanita |
5 |
Uci Kurnia Wulandari |
Ramdhonia Rahmawati |
6 |
Nanda devitasari |
|
Pembimbing : Sri Anik
R,S.Kep.,Ns.,M.Kes
No |
Kelompok
11A |
Kelompok
11B |
1 |
Mochamad
Syaifudin A |
Nava
Meisyah Purnama Adji |
2 |
Nathalia
Windasari |
Noer
Shalamah |
3 |
Safirah
Hasnah |
Ramadhanti
Salsabilla |
4 |
Shonia
Okta Cendraiswati |
Rifka
Mufida |
5 |
Rizki
Pratama Hariono |
Wanda Hogantara |
Komentar
Posting Komentar